HEPATITIS

HEPATITIS

Hepatitis adalah suatu proses peradangan difusi pada jaringan uang dapat disebabkan oleh infeksi virus dan reaksi toksik terhadap obat-obatan serta bahan-bahan kimia. (Sujono Hadi, 1999).

Hepatitis virus merupakan infeksi sistemik oleh virus disertai nekrosis dan klinis, biokimia serta seluler yang khas. (Smeltzer, 2001).

Terjadinya inflamasi pada hepar karena invasi virus akan menyebabkan peningkatan suhu badan dan peregangan kapsula hati yang memicu timbulnya perasaan tidak nyaman pada perut kuadran kanan atas. Hal ini dimanifestasikan dengan adanya rasa mual dan nyeri di ulu hati.

Akibat komplikasi yang terjadi karena inflamasi pada hepar terganggu pula pemenuhan kebutuhan cairan dan elektrolit karena cairan dan elektrolit sangat berguna dalam mempertahankan fungsi tubuh manusia. Kebutuhan cairan dan elektrolit bagi manusia berbeda-beda sesuai dengan tingkat usia seseorang. Kebutuhan cairan sangat diperlukan tubuh dalam mengangkut zat makanan ke dalam sel, sisa metabolisme, sebagai pelarut elektrolit maupun non elektrolit, memelihara suhu tubuh, mempermudah eliminasi dan membantu pencernaan. Disamping kebutuhan cairan, elektrolit (natrium, kalsium, klorida dan fosfat) sangat penting untuk menjaga keseimbangan asam-basa, konduksi saraf, konstruksi muskular dan osmolalitas.

lihat isi lengkapnya di: hepatitis