Sistem Sirkulatoris

Sistem Sirkulatoris

Jantung

Jantung adalah sebuah organ muskular berongga di dalam rongga dada diantara paru-paru (Gbr. 16-7). Memiliki bentuk seperti piramid, dengan dasar, atas/apex dan tiga sisi yang kurang begitu jelas batasnya. Dasarnya ada diatas dan dibelakang; pembuluh-pembuluh besar masuk dan meninggalkan jantung pada bagian dasar dan bertindak sebagai tautan utama untuk jantung. Apex / bagian atas terletak di belakang intercostals speca kelima sekitar 2 inci. Disebelah kiri dari medline. Pulsasi / pulsation yang seringkali dapat dilihat pada lokasi ini adalah dikarenakan oleh apex menghentak-hentak pada dinding dada seiring dengan tiap denyut jantung. Ini disebut dengan denyut apex.

Pericardium

Jantung menyertakan sebuah sebuah kantong / sac lapis-ganda yang disebut dengan pericardium (Gbr. 16-6). Satu lapis dari kantong ini secara langsung menempel pada bodi jantung, membentuk bagian dari dinding jantung. Ini disebut dengan visceral pericardium, atau epicardium. Lapis satunya, yang bukanlah bagian dari dinding jantung, disebut dengan parietal pericardium. Rongga antara kedua lapis ini disebut dengan rongga pericardial. Catat bahwa jantung tidak ada di dalam rongga pericardial. Hanya sebagian kecil dari cairan lubrikasi / pelumas yang ada di dalam rongga pericardial. (Jantung ada di dalam kantong pericardial.) Jaringan konektif pada permukaan luar dari parietal pericardium disebut dengan fibrous pericardium.

Otak

Otak terdiri dari cerebrum, cerebellum, midbrain / otak-tengah, pons, dan medulla. Cerebrum dibagi menjadi cerebral hemisphere kanan dan kiri oleh longitudinal fissure. Permukaan dari cerebrum ditandai dengan konvulasi-konvulasi dan sulci. Sulci tertentu bertindak sebagai pembagi tiap cerebral hemisphere menjadi: frontal, parietal, occipital, temporal, dan insula dari cerebral hemisphere. Perecental atau enterior, gyrus mengendalikan aktivitas motorik dari sisi berlawanan dari tubuh. Postcentral, atau posterior central, gyrus menerima impresi-impresi sensasi dari sisi lain tubuh. Pendengaran ada pada tempored di dalam occipital lobes.

Bagian luar dari cerebrum disebut dengan cerebral cortex; ini mengandung bodi-bodi sel neuron, neuroglia, dan fibers / serabut. Terdiri dari materi kelabu. Di bawah korteks adalah materi putih; mengandung neuroglia dan fibers. Massa-massa dari materi kelabu juga muncuk di dalam materi putih; basal ganglia, thalami, dan hypothalamus; semua ini mengandung bodi-bodi sel neuron, neuroglia, dan fibers. Fibers dari materi putih / white matter diklasifikasikan menjadi commissural, association dan projection. Corpus callosum adalah massa besar dari commissural fibers dan tampak jelas di dalam bagian-bagian sagittal dari otak.

Read more klik sistem-sirkulatoris