STANDAR KOMPETENSI GURU PROFESIONAL (Bagian 3)

Kompetensi Sosial

Kompetensi sosial adalah kemampuan guru sebagai bagian dari masyarakat untuk berkomunikasi dan bergaul secara secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/ wali peserta didik, dan masyarakat sekitar. Baik secara lisan, tulisan dan isyarat.

Berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didik, misalnya melaksanakan bimbingan dan penyuluhan (membimbing siswa yang mengalami kesulitan belajar, membimbing siswa yang berkelainan dan berbakat khusus).

Sedikitnya, terdapat tujuh kompetensi sosial yang harus dimiliki guru agar berkomunikasi dan berinteraksi bergaul secara efektif, baik di sekolah maupun di masyarakat, antara lain: (1) memiliki pengetahuan tentang adat istiadat baik sosial maupun agama, (2) memiliki pengetahuan tentang budaya dan tradisi, (3) memiliki pengetahuan tentang inti demokrasi, (4) memiliki pengetahuan tentang estetika, (5) memiliki apresiasi dan kesadaran sosial, (6) memiliki sikap yang benar terhadap pengetahuan dan pekerjaan, (7) setia terhadap harkat dan martabat manusia, (8) berkomunikasi dengan sesama pendidik dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan kemampuan keprofesionalan.

Baca lengkap di sini: standar-kompetensi-guru-profesional-3