STANDAR KOMPETENSI GURU PROFESIONAL (Bagian 4 – Selesai)

Teori Kuadran Guru Glickman

Untuk melengkapi penjelasan keempat kompetensi tersebut (pedagogis, kepribadian, profesional dan sosial) yang harus dikuasai dan dimiliki oleh guru, maka perlu ditambahkan teori kuadran guru dari Glickman.

Menurut C.D. Glickman, bahwa seorang guru akan bekerja secara profesional bilamana orang tersebut memiliki kemampuan (ability) yang tinggi pada level abstrak (high level of abstract) dan motivasi (motivation) kesungguhan hati yang tinggi pula untuk bekerja dengan sebaik-baiknya pada level komitmen (high level of commitment).

Tingkat komitmen guru terbentang dalam satu garis kontinum, bergerak dari yang paling rendah menuju yang paling tinggi. Guru yang memiliki komitmen yang rendah biasanya kurang memberikan perhatian kepada murid, demikian pula waktu dan tenaga yang dikeluarkan untuk meningkatkan mutu pembelajaran pun sangat rendah. Sebaliknya seorang guru yang memiliki komitmen yang sangat tinggi biasanya tinggi sekali perhatiannya kepada murid, demikian pula waktu yang disediakan untuk peningkatan mutu pendidikan sangat banyak.

Sedangkan tingkat abstraksi yang dimaksudkan di sini adalah tingkat kemampuan berpikir guru secara abstrak dalam mengelola pembelajaran, mengklasifikasikan masalah-masalah pembelajaran (pengelolaan, disiplin, pengorganisasian dan minat murid), dan menentukan alternatif pemecahannya. Guru yang memiliki tingkat abstraksi yang tinggi adalah guru yang mampu mengelola tugas, menemukan berbagai permasalahan dalam tugas, dan mampu secara mandiri memecahkannya, kemudian merencanakan tindakan-tindakannya. Tingkat berpikir abstraksi guru ini juga terbentang dalam satu garis kontinum, mulai dari rendah, menengah sampai tinggi.

gbr 1.jpg

Baca selanjutnya di sini: standar-kompetensi-guru-profesional-4